Indonesia Pernah Jebol Gawang Hungaria Pada Kejuaran Piala Dunia 1938



Pasalnya, Timnas Indonesia pernah mentas di Piala Dunia, tepatnya pada edisi 1938. Kala itu, Timnas Indonesia masih bernama Hindia Belanda.

Timnas Indonesia seharusnya berangkat ke Piala Dunia 1938 bersama Jepang. Perlu diketahui, waktu itu, FIFA hanya memberikan dua slot bagi negara Asia untuk mentas di Piala Dunia.

Namun, Jepang mundur karena perang. Alhasil, hanya Timnas Indonesia yang berangkat ke Piala Dunia 1938. Nah, berikut 4 fakta kehebatan Timnas Indonesia 1938:


1.Sulit Menelusuri Jejak Para Pemain Timnas Indonesia di Piala Dunia 1938




Beberapa pemain pribumi alias asli Indonesia turut membela Timnas Indonesia di Piala Dunia 1938. Akan tetapi, cukup sulit untuk menelusuri jejak mereka usai Piala Dunia 1938 yang berlangsung di Prancis.

Sebab, usai tampil di Piala Dunia 1938, Timnas Indonesia sempat singgah ke Belanda untuk melakukan beberapa pertandingan persahabatan. Lalu, ada pemain yang menetap di Belanda, sedangkan sebagian lagi pulang ke Tanah Air.

2.Timnas Indonesia Bobol Gawang Hungaria



Di Piala Dunia 1938, Timnas Indonesia kalah 0-6 oleh Hungaria. Sejatinya, Timnas Indonesia sempat membobol gawang Hungaria, tetapi dianulir oleh wasit.

Isaac Pattiwael, kelahiran 1914 (dan meninggal dunia pada 1987), adalah sosok yang membobol gawang Hungaria. Sayap berdarah Maluku itu merobek gawang Hungaria yang dijaga kiper legendaris Antal Szabo.

3.Timnas Indonesia Dijuluki Tim Kurcaci




Timnas Indonesia di Piala Dunia 1938 mendapatkan julukan Tim Kurcaci. Sebab, tubuh pemain Timnas Indonesia tidak terlalu tinggi, berbeda dengan pemain-pemain Eropa. Akan tetapi, Timnas Indonesia dilaporkan mampu menampilkan gaya main menggiurkan dan terbuka, tetapi lemah dalam bertahan.

4.Tim Asia Pertama yang Mentas di Piala Dunia



Masyarakat Indonesia perlu bangga dengan penampilan Timnas Indonesia di Piala Dunia 1938. Sebab, Timnas Indonesia menjadi negara Asia pertama yang mentas di ajang akbar empat tahunan tersebut. Hal itu sudah diakui oleh FIFA.



Belum ada Komentar untuk "Indonesia Pernah Jebol Gawang Hungaria Pada Kejuaran Piala Dunia 1938"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1


Klik SOBAT777 Untuk Bergabung

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel